Apr 20, 2012

Empat Unsur Penting Dalam Kehidupan

Dalam kehidupan, kita tidak pernah terlepas dari semua hal yang berkaitan langsung dengan kita. Banyak hal yang bersinggungan dalam keseharian kehidupan kita, namun ada 4 unsur penting dalam kehidupan ini. Air, Api, Udara dan Tanah, empat unsur tersebutlah yang menjadikan bagian terpenting dari isi kehidupan kita, makhluk hidup dapat dipastikan mati apabila tidak mengandung empat  unsur tersebut, seperi contoh kecil,  pohon tidak akan berbuah apabila unsur air tidak mendukung dalam proses pertumbuhannya, begitupula makhluk hidup lainnya, ke empat unsur tersebut akan saling menunjang makhluk hidup untuk tumbuh berkembang. Berikut ini sedikit ulasan manfaat dari unsur-unsur tersebut.

Air
Air adalah unsur pertama dalam kehidupan yang paling penting. Untuk pertumbuhan maupun dalam hal yang lainnya seperti pembangunan dan lain-lain. Selain itu air yang bagus akan berfungsi sebagi pelancar jaringan syaraf. Selain itu berfungsi juga untuk menghaluskan kulit agar tidak cepat keriput, ada pula salah seorang ilmuwan dari jepang yang menemukan bahwa air yang kita jumpai sehari-hari mengandung perasaan, dalam penelitiannya air yang dibacakan doa akan berkristal sempurna dan baik daripada air yang dimarahi, kristalnya pun akan pudar dan tidak baik, untuk itu banyak orang pintar seperti ulama, paranormal dan sebangsanya menggunakan air sebagai alat untuk menyampaikan kesembuhan lahir batin pada si pasien.
Tidak kalahnya Para ahli psikologi menyimpulkan bahwa, jika kita sering melihat air jernih maka akal kita pun akan jernih dan selalu berfikir positif, namun apabila kita sering melihat air yang kotor dan keruh maka dapat dipastikan akal kita pun akan kotor dan berfikir sempit. Untuk itu banyak orang menggunakan Aquarium atau hiasan alam air terjun mini di dalam rumah sebagai alternaif untuk menjernihkan otak dan juga dapat menenangkan jiwa yang sedang terombang-ambing oleh masalah dunia.

Udara
Udara adalah bagian terbesar yang mengisi bumi ini bahkan hampir 72%. Dalam kehidupan, udara sangat bermanfaat banyak, diantaranya; udara dapat berfungsi untuk melangsungkan respirasi pada makhluk hidup, selain itu zat kimia yang dihirup dari udara mampu membunuh sebagian bakteri jahat.
Udara juga berfungsi sebagai pembantu tumbuhan untuk mengambil pupuk dari tempat yang lain, bahkan seorang ahli udara menyimpulkan bahwa adanya banyak hutan di Indonesia merupakan bawaan benih tumbuhan dan pepohonan  dari berbagai benua yang dibawa oleh udara, katakanlah angin. Seperti kita ketahui juga udara berfungsi sebagai pembawa sensasi baru dalam kehidupan, apalagi jikalau kita menghirup udara yang bebas akan zat-zat yang berbau kimia seperti di pegunungan, laut dan tempat lain yang bebas polusi, maka pikiran yang kita punya akan mendapatkan Sesuatu yang segar dan tanpa polusi.

Api
Siapa yang tidak takut dengan unsur yang satu ini. Api dikenal dapat menimbulkan kerusakan di mana-mana seperti kebakaran rumah, mobil terbakar dan banyak lainnya, itu semua hanya terjadi akibat percikan api. Namun dibalik sisi negatifnya api mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan umat manusia maupun makhluk hidup lainnya. Dalam kehidupan, api berfungsi sebagai penunjang untuk memasak dan sebagai penerangan di kegelapan. Apa yang akan terjadi apabila api di dunia sudah mulai padam dan redup, pasti makhluk hidup sedikit demi sediki mulai punah.
Tapi, selain itu api mempunyai makna dalam kehidupan, api jikalau kita lihat dari simbolnya melambangkan keberanian, seseorang tidak akan hidup tanpa keberanian, asalkan keberanian itu membawa dampak positif bagi kehidupan, dalam unsur api juga terdapat suatu zat yang dapat menggerakkan metabolisme tubuh kita, api yang paling panas terdapat pada tubuh kita tepatnya berada dalam perut kita. Coba kita amati secara seksama, semua makanan yang masuk dalam perut kita, entah itu nasi, daging, sambal ataupun yang bertekstur keras seperti; tulang dan sejenisnya, itu semua akan mengalami pemanasan dalam tubuh kita sehingga menghasilkan pencernaan yang sempurna. Bahkan ada seorang ilmuwan Biologi mengatakan suhu panas yang terdapat  pada tubuh kita kurang lebih 109 0C maka tidak heran setiap makanan yang masuk pada perut akan diproses sebaik mungkin oleh organ perut kita.

Tanah
Tanah merupakan tempat kita berpijak, tempat dimana para makhluk mengalami hitam putih, manis pahit kehidupan. secara simbolis tanah merupakan simbol dari keteguhan kita, unsur ini membawa manusia untuk bersikap teguh dalam mengalami kehidupan, kehidupan dimana kita diuji dengan sejuta rintangan dan berbagai permasalahan.
Dalam unsur tanah mengandung banyak zat kimia berbahaya maupun zat yang berguna bagi kelangsungan hidup makhluk, dalam tanah juga terdapat unsur yang berguna sebagai bahan bakar mobil maupun bahan bakar rumah tangga, seperti; minyak tanah, bensin, solar dan banyak lainnya, itu semua berada dalam perut bumi kita, menyimpang dari hal tersebut, tanah menurut banyak orang bermanfaat untuk menambah aura tubuh kita, aura adalah bagian unsur halus yang menyelimuti seluruh tubuh. biasanya aura yang bagus akan menimbulkan seseorang dipandang luhur dan disegani, meskipun tidak semuanya. Maka oleh sebab itu orang-orang banyak menggunakan tanah sebagai alat mediasi hal tersebut. manfaat lain dari tanah adalah sebagai sumber terbesar bagi kehidupan, betapa tidak, kita ketahui banyak tumbuhan yang tumbuh diatas tanah tersebut, beras, gandum, sagu adalah  merupakan sebagian makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia dan semua itu hanya dapat hidup didalam tanah, betapa besar manfaat dari tanah tersebut, sehingga timbullah pemikiran bahwa apabila seseorang tidak mau mencintai ataupun melindungi tanah dari kerusakan maka hidupnya kurang dari kesempurnaan atau termasuk orang-orang yang dzalim. Maka sebaiknya kita dianjurkan untuk melindungi tanah maupun apa yang ada diatasnya, karena itu semua termasuk kedalam ibadah.

Setelah kita meneliti dari keempat unsur tersebut, kita dapat simpulkan bahwa kehidupan ini sangat dipengaruhi oleh keempat unsur tersebut. Unsur air yang menggambarkan jalan hidup, unsur api sebagai simbol keberanian unsur udara sebagi penyeimbang, dan unsur tanah sebagai alat menyatunya ke empat unsur tersebut. Selain dari pada itu banyak para ahli menganjurkan supaya rumah kita terdiri dari ke empat unsur tersebut, agar hidup kita tenang dan aura yang dipancarkan pun akan baik. Akan tetapi itu semua bergantung pada kepercayaan masing-masing orang manusia hanya berikhtiar Tuhan yang menentukan.

No comments:

Post a Comment